Faktor-faktor Personal yang Mempengaruhi Perilaku Manusia

Dewasa ini ada dua macam psikologi sosial. Yang pertama adalah Psikologi sosial (dengan huruf P besar) dan yang kedua psikologi Sosial (dengan huruf S besar).. Ini menunjukkan dua pendekatan dalam pslkologi , sosial: ada yang menekankan faktor-faktor psikologis dan ada yang menekankan faktor-faktor sosial; atau dengan istilah lain: faktor-faktor yang timbul dari dalam diri individu (faktor personal), dan faktor-faktor berpengaruh yang datang dari luar diri individu (faktor environmental).

Manakah di antara dua pendapat ini yang benar – dengan menggunakan istilah Edward E. Sampson (1976) – antara perspektif yang berpusat pada persona (person-centered perspective) dengan perspekt{f yang berpusat pada situasi (situation-centered perspective). Seperti juga konsepsi tentang manusia, yang benar tampaknya interaksi di antara keduanya. Karena itu, kita akan membahasnya satu per satu, dimulai dengan perspektif yang berpusat pada persona.

Perspektif yang berpusat pada persona mempertanyakan factor-faktor internal apakah, baik berupa sikap, instink, motif, kepribadian, sistem, kognitif yang menjelaskan perilaku manusia. Secara garis besar ada dua faktor: faktor biologis dan faktor sosiopsikologis.

Iklan

Kehidupan

Bagiku… Mungkin juga bagimu!!

Kehidupan ini bagaikan roda yang terus berputar. Ada masanya senang ada juga masanya sulit. Walau begitu, tak akan selamanya menderita. Tak akan juga selamanya senang. Seperti roda yang terus berputar, saling bergantian hingga masanya tiba, berhenti; mati.

Memang ada ya orang yang dilahirkan dalam kehidupan ini punya garis hitam yang tak bisa dihilangkan. Garis hitam itu bisa diartikan kehidupan ytang penuh derita, atau selamanya mengalami mimpi buruk yang terus menggerogoti jiwa.

Masalah jiwa, tentu saja masalah kerohanian atau nyawa dalam tubuh manusia. Jiwa adalah energi mental yang memiliki kekuatan untuk dapat memotivasi terjadinya proses perilaku yang menjadi bentukan aktivitas yang dilakukan sehari-hari*. Tanpa jiwa, tentu manusia bukan apa-apa dan tidak disebut sebagai manusia. Karena itu mungkin jiwa adalah bagian dari manusia yang penting.
———-

*Wikipedia Indonesia

Hari kedua puasa

Jumat, 14 September 2007, pagi-pagi sekali aku sudah berangkat menuju kampus. Memburu kereta dan jadwal kuliah jam 7:30

Jam 5:45 aku sudah berangkat, karena kalau kesiangan sedikit saja, kereta lewat dan aku pun sudah pasti telat sampai kampus. Malam tadi terawih sendiri. Sepi!!

Iya, masih sepi saja terawihnya…. Sendiri.. Seperti tahun lalu. Puasa masih di tempat kerja. Hihi… Tahulah memang seperti ini adanya. Paling besok mau lobos bo (maksudnya bolos) terus sekalian ngerjain tugas, tambah acara deh, sekalian iftor sama temen-temen liqo.. Baru jadwal doang sih!!

Lagi mumet, tadi kekampus, rencananya mau ikut kuliah jam  setengah delapan. Jadi dari rumah harus pagi-pagi sekali. Setelah shalat subuh terus siap-siap memburu kereta. Dapet juga kereta pagi, sampai di blok m jam 7:20, masih sisa 10 menit, jalan kekampus, ka kira telat. Sampai kampus ka buru-buru naik tangga, aneh,, tangganya rame banget sama akhwat yang pakai jilbab…. Gak seperti biasanya. Ka buru-buru lewat; merasa sudah telat. Sampai ke fakultas FISIP, ruang sekretariat sepi….  sejak itu ka sadar,” Sepertinya hari ini gak ada kuliah, dengan kata lain hari ini masih libur!!”

Hanya bisa menghela nafas… Huf, mudah-mudahan datang tidak sia-sia. Moga aja dicatat dengan niatan menuntut ilmu, jadi gak sia-sia kan udah datang pagi-pagi.

Huf, dengan gontai aku berjalan, telusuru jalan yang tadinya kukejar-kejar buru waktu. Kini sedikit lemas, karena tadi sudah keburu dipakai duluan; tenaga, tenaga, tenaga…. Sedikit-sedikit mulai kupacu langkah, kuarahkan ke lain tujuan. Semula kampus, kemudi kuputar menuju Perpustakaan. Aku mulai semangat kembali.

Jam 9:30 sampai di DEPDIKNAS, aku menuju perpustakaannya. Sayangnya kali ini pun harus merasa sedikit kecewa, “Perpustakaan buka jam 9:00 –pas.” Biar tidak sedikit kecewa, kupalingkan wajahku menuju mesjid. Agar tenang dan kembalikan kembali tenaga. Sampai mesjid shalat duha dulu dan tilawah sambil menunggu perpustakaannya buka. Ada waktu setengah jam… Kupikir tidaklah sia-sia.

Akhirnya masuk perpustakaan, menonton siaran BBC World, membaca koran pagi ini dan majalah-majalah dengan bahasa inggris. Siaran TV-nya juga bahasa inggris semua, lebih banyak tidak mengertinya daripada mengertinya. Tapi itu semua merupakan pembelajaran buatku. Bisa karena biasa-kan. Di kampus juga, sering aku meminta temanku yang bisa bahasa inggris untuk berbicara padaku memakai bahasa inggris, ternyata dia tidak keberatan. Aku jadi senang juga akhirnya.

Yupz, beginilah jumat ini. Dan sekarang mau ke diknas lagi, katanya sih pas tadi pengumuman sebelum jumatan, sore ini ada iftor di sana. Aku mau ikut ah, sekalian shalat maghrib disana. Hihi… Met buka puasa ya!! Segala sesuatu itu tidaklah menjadi buruk kalau kita bisa menyingkapinya bukan!!^^

Hi, World!!

Assalamualaikum, wr. wb.

Selamat datang di dunia wordpress. Halaman ini adalah salah satu dari regional wordpress.com atau page di wordpress. Page ini memuat semua tulisan dari ‘Akch’. Tulisan-tulisan yang di tampilkan di page ini berasal dari ide atau pikirannya, situs-situs yang dikunjunginya, buku-buku yang di bacanya, pengalaman-pengalaman yang dilaluinya, dan macam sumber lainnya yang tersedia di dunia nyata atau ‘maya’.

Selamat datang di page ‘Akch’. Semoga tulisan yang ada di page saya ini bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.

-Salam ukhuwah-